Wednesday, November 15, 2006

Simpan di mana, nich?

Ada satu fasilitas yang khas banget buat orang Indonesia (kali?), yaitu laci penyimpanan di mobil. Kayaknya untuk yang satu ini orang Indonesia nggak pernah merasa cukup, sehingga produsen mobil pun sampai memerlukan menonjolkan fitur 'tempat-tempat penyimpanan' yang ada di mobil dagangannya sebagai salah satu daya tarik dalam iklan atau brosur.

Buat saya selaku orang Indonesia, saya merasa membutuhkan tempat/ wadah untuk:
1. Uang kecil
2. Karcis parkir atau kartu toll
3. Tempat naruh handphone dalam kondisi tergesa-gesa
4. Tempat naruh kepingan CD yang makin lama makin banyak :(
5. Space untuk meletakkan box tissue
6. Tempat sampah
7. Tempat barang-barang pritilan yang somehow ended up di mobil :)
8. Tempat naruh sisir + buat ngaca
9. Bahkan tak kalah penting adalah tempat khusus buat menyimpan bon bensin untuk direimburse (ini malah jadi sangat penting sebab saya punya kebiasaan menghilangkan dokumen-dokumen semacam itu apabila sampai terbawa turun dari mobil dsb).
10. Tempat menaruh gelas yang memiliki ruang cukup untuk meletakkan teh botol tanpa miring.
11. Tempat di mana bisa meletakkan piring sejenak (waktu nyeruput teh botol :D)
12. Tempat nyimpen beceng,.. uits, ini hanya ada di film-film hollywood, ya? hehehe

Dengan seabrek keperluan di atas, laci dashboard (standar) aja sudah dianggap nggak cukup.
Malah bagi pembeli mobil di Indonesia, laci-laci kecil kadang justru lebih menarik perhatian di banding cc. mesin atau fitur ABS,.. ha ha.

Ada satu pengalaman dalam menggunakan mobil saya yang satunya, yaitu X-trail, sebelum ngebahas Zafira lebih lanjut.

Di X-trail ada fasilitas yg cukup menarik dalam hal 'perwadahan', Yaitu console box yang punya dua lapis laci sekaligus bisa menjadi cupholder, sepasang cupholder kiri-kanan untuk penumpang depan, serta 'kulkas' buat minuman kaleng yang bikin kepala saya bergeleng-geleng (simple tapi pinter, kagak memakan cost tambahan wong pendinginnya ngambil dari angin AC). Dan karena panel dashboardnya berada di tengah, ada keuntungan untuk menambahkan sebuah laci tersembunyi persis di depan pengemudi.

Laci ini, rekan-rekan, yang saya appreciate betul!

Dengan laci ini saya bisa menyimpan karcis-karcis toll/parkir/ bon BBM yang akan saya reimburse (lumayanlah, hare geenee!) yang aman karena tertutup dan persis dalam wilayah kekuasaan saya selaku pengemudi. Saya bahkan bisa menempatkan amplop khusus berisi uang seribuan yang diperlukan untuk parkir etc. Saya juga bisa naruh HP di situ dalam kondisi tergesa-gesa, dan banyak hal lain.

Kadang sampai terpikir, laci ini adalah anugrah Dewata yang dikaruniakan ke mobil X-trail! He he, God bless the designer.

Mungkin produsen mobil lainnya nggak terpikir sampai ke situ. Saya sendiri pun belum terpikir sampai saatnya memegang mobil tersebut, bahwa saya memang punya kebutuhan spesifik yang tidak bisa dipenuhi oleh mobil lain (standar) perihal perlacian itu.

Saya nggak mungkin menyimpan hal-hal tadi di laci dashboard standar, sebab barang-barang itu bisa diakses penumpang lain, atau tercampur oleh barang-barang milik umum (anak/ istri etc). Apalagi jaraknya berjauhan dengan posisi pengemudi, sehingga akan sulit mengambil sesuatu dari laci dashboard standar dalam kondisi terburu-buru. Sebuah LACI TERTUTUP yang terletak DALAM JANGKAUAN pengemudi, adalah 'a boon for me', alias sebuah kenikmatan tertinggi.

Now let's see,.... tampaknya Zafira termasuk yg belum sampai ke sana.

Desain dashboard yang kompak dan bermaterial keren, hanya menyisakan ruang sedikit sekali untuk perlacian. Sekedar lubang persegi yang biasanya berada di bawah tape pun tidak ada. Area di depan pengemudi diisi sepenuhnya dengan panel instrumen, dan ada ruang sedikit di depan display jam/ termometer/ status CD yg bisa buat meletakkan barang kecil sementara. Cupholder sepasang di ujung console bisa untuk teh botol dalam posisi berdiri (thank God!), di area pintu terdapat 'kantong' yang selain muat untuk barang-barang pritilan, bisa juga dipakai untuk meletakkan sebotol Aqua setengah literan. Ga bisa buat naruh majalah karena terlalu lebar. Di sisi kursi depan juga ada wadah yang bisa digunakan untuk meletakkan payung, sandal etc.

Laci keramat? Ngga ada. Satu tempat untuk menaruh uang kecil dan kartu toll, secara kebetulan jutru ada di pintu, yaitu handle yang harusnya digunakan untuk menarik/ menutup pintu.

Area dashboard di depan penumpang depan cukup luas, bisa dipakai menaruh box tissue. Sekaligus harus diakui bahwa laci dashboard Zafira terhitung cukup besar dan dalam. Hati-hati kalau mau memounting sesuatu di area dashboard penumpang (misalnya mau naruh LCD monitor, atau mixer, atau blender, atau toaster,.. hehehe) sebab ada airbag di baliknya. Baiknya sih leave that space alone, dah.

Saya ingat di Blazer LT dulu ada kompartemen di plafon, bisa buat menyimpan kacamata hitam dan remote garasi. Sayang di Zafira ngga ada fasilitas serupa, even lampu kabin depan pun masih model nyebar bukan yang terfokus.

Console tengah sayangnya kurang dimanfaatkan sebagai laci. Tetapi sebagai gantinya ada blower AC khusus penumpang tengah. Terus-terang hal itu saya nilai lebih bermanfaat.

So kesimpulannya, untuk ruang penyimpanan Zafira belum memenuhi kebutuhan saya, terutama yg spesifik tadi. Mungkin saya harus bawa tas pinggang aja buat mengakomodir penyimpanan bon bensin dan uang parkir,... hehehe kocak banget.

Salam Zaffy,

Cheppy

5 comments:

Fatherly Advocate said...

ada satu yg ketinggalan. dibawah kursi penumpang depan ada laci yg bisa ditarik. saya biasanya simpen manual book (& buku2 lain) disitu.
dibawah jok kursi tengah juga ada tempat utk menyimpan jaringnya zafira.

memang nggak seinovatif x-trail sih....

FA Purawan said...

Thanks atas tambahannya boss Armed. Mungkin ada yang bisa sharing pemanfaatan laci-laci yang ada di Zafira selain yg udah disebutkan?

Salam,

Cheppy

FA Purawan said...

(Comments dari pak Vimala Sariputera, dikutip dari Milis Zafira)

Mas Cheppy , masih ada lagi yg ketinggalan:
1.di lantai bagasi belakang, selain dongkrak, bisa diisi kunci2, kabel jumper, tambal ban tubeless dll
2. dinding samping kiri kanan bagasi bisa diisi kotak p3k, kompresor, botol air accu, lampu emergency, inverter dll
3. Diatas spatbor kanan belakang ada cup holder
4. Jika sandaran bangku tengah direbahkan dan covernya dibuka , berubah menjadi arm rest + laci + 2 cup holder
5. Jika bangku belakang pada posisi terpasang, cerukan dibawah bangku belakang bisa untuk simpan buku2
6 Untuk cantolan kantong plastik, saya menambahkan hook pada setiap tiang headrest semua bangku, sehingga jika menyimpan kantong plastik di bangku paling belakang, pada saat pintu bagasi dibuka, barangnya tidak berjatuhan
7. Untuk tempat menaruh uang coin, bisa ditaruh di cekungan konsol tengah tepat diatas kisi2 ac penumpang tengah
8. ada kantong majalah di sandaran kursi depan
9. laci untuk pengaitnya safety belt penumpang belakang, bisa juga buat menyimpan barang2 yg kecil2

vim

Barry said...

salam zavy...

tanggapan comment armed2304:
kalo tidak salah, laci di bawah jok depan kiri hanya sampai zavy mid2003.
setelah itu, ditandai dg lampu sein belakang mjd putih/bening dan tape yg mjd single disc, tidak ada lagi laci tsb.
gantinya seluruh sandaran tengah bangku baris ke-2 bisa rebah mjd armrest + cup holder (yg pra-mid2003 kan armrest-nya hanya bagian dari sandarannya).

ide u/ tambahan ruang penyimpanan:
dari tangan I Zavy saya, sdh dipasang karpet anti geser (kecil aja, kira2 20x20cm tp ada 2 buah, bisa dibeli meteran or lembaran di Ace Hardware) di atas dasbor kiri u/ menaruh box tissue.
juga di depan layar informasi sampai ke depan bagian speedometer, lumayan bisa untuk naro kacamata hitam, karcis tol, & kriwilan kecil lain (asal jangan sering melakukan manuver belok mendadak sih aman2 aja tuh). kalo naroh recehan biasanya di asbak aja, soalnya keluarga kami bukan perokok.

cheers,
Barry
-silver zavy, b8656cy-
(tp istri yg make, gw kebagian ngerawatnya aja)

Unknown said...

di door trim kanan dan kiri depan ada tempat untuk majalah dan botol minuman 500cc an, karena menaruh barang2/majalah di dashboard akan mengganggu..hehhehhe, trus disamping jok kiri &kanan kan ada box terbuka untuk simpan macam2 barang, kalo saya sih taruh uang kecil/logam/tiket parkir dll barang kecil di handle pintu yang rupanya punya fungsi ganda hehehe inovative khan ...Zaffy... selamat memanfaatkan