Tuesday, November 14, 2006

Keajaiban Kunci Rp.800 ribu???

Mari kita lihat kunci kontak Zafira ini:


Karena dari pembelian secondhand, saya hanya mendapatkan satu buah kunci, wajar apabila saya berusaha memperoleh kunci serepnya. Saya tanyakan ke Hangtuah, dan jawaban untuk harga sebuah kunci serep sangat mengejutkan saya.

Lebih kurang 800 ribu Rupiah.

What the ****???

Menurut contact person, harganya memang demikian karena kunci tersebut mengandung chip immobilizer di dalamnya, yang bisa mencegah pencuri menstarter mobil dengan menggunakan kunci palsu.

Well,... sebuah kunci ajaib,... tentu saja pantas berharga lebih.

Sekaligus mengandung ancaman tak terucap buat saya selaku pemilik secondhand: "Ati-ati anda jangan sampai kehilangan kunci, sebab efeknya akan merepotkan sekali"

Pertama, karena tentu saja harga kunci itu tadi; yang bisa dipakai buat membeli camshaft sensor, atau buat nambahin ganti timing belt yg udah jadi menu wajib 45km-an.

Kedua, ternyata kunci tersebut pun harus diprogram, dan saya pun kelak harus mensupply nomor ID tertentu yg saat ini tidak saya miliki sebab nomor ID itu tercatat somewhere di dokumen yang dipegang oleh pemilik pertama. Ini bener-bener gawat. Rupanya pemilik pertama si Zaffy tanpa sadar sudah meninggalkan hutang karma yang kelak harus saya bayar dengan sejumlah kerepotan-kerepotan,.... hehehe (buat contoh, wong nomer code TAPE yang should be simple aja sampai sekarang masih belum dijawab oleh GMI, gimana yang perlu verifikasi macam kunci serep?)

No wonder re-sale valuenya Zafira terus menukik.

Sudah jelas, Zafira adalah "a smart car", tinggal pertanyaan bisa ditujukan buat pembeli Zafira secondhand macam saya, apakah saya menjadi "a smart buyer", atau sebaliknya?

Do'a saya adalah semoga komunitas Zafira di Indonesia saling support secara kompak untuk mempertahankan investasi kita di mobil ini. Nggak usahlah bicara mempertahankan harga jual. Buat kita yang penting adalah mempertahankan cost of maintenance dalam taraf yang wajar sehingga our Zafira dapat dinikmati tanpa kita dianggap orang (atau yg utama: istri) sebagai "a stupid car-owner".

Soalnya bisa-bisa pembuat Zafira pun dikenai label "a Stupid Smart Car Maker", lagi (hi hi hi, istilahnya lucu banget).

Contoh gampang aja, untuk sebuah mobil yang harga jual kembalinya jeblok, dan (oleh karenanya) termasuk susah dijual,... apa masih make sense bikin kunci immobilizer segala? Apakah kita memang benar memerlukan kunci ajaib ini? He he he,... Zafira bisa jadi mobil paling aman di Jakarta. Kalau ada sebuah Zafira dan sebuah Kijang diparkir bersisian, biar nggak dikunci pun si Maling pasti lebih pilih ngembat Kijang-nya! Yang tersisa malah resiko besar, kalau-kalau sistem pengaman gagal, chip terbakar etc, kita dapet mobil yang nggak bisa jalan, plus unnecessary hassles,....

Sekedar becanda ya, jangan dimasukin ati.

Let us now just enjoy this beautiful piece of engineering art,....

Salam Zaffy,



Cheppy

5 comments:

Barry said...

salam Zavy lagi...

wah, kalo gitu saya termasuk beruntung dalam hal kelengkapan kendaraan waktu beli Zavy.
Saya juga beli second 3 thn yl. Dapet thn 2001 warna silver, km 37ribuan. Alhamdulillah pemilik sebelumnya lumayan apik. kunci serep, pass code tape, buku manual, masih lengkap semua. wong dia jual zafira itu untuk beli zafira yg baruan (2003).
tp saat itu harga zafira 2 tahun masih 165jt... sekarang dapet yg baru tuh (GMI lg cuci gudang)... hiks3...

cheers,
Barry

Reza Ravasia said...

Sama...;-) sy baca blog ini ttg keajaiban kunci Zaffy jd tercengang. Kalo ga sy ga akan pernah tau. Kalo gitu sy jg org termasuk yg beruntung mendapatkan kunci serepnya, Hiks3... kebetulan jg sy termasuk org yg paling males pake ngunci2 strir, Jd skrg merasa lebih aman ninggalin parkir mobil ngunci2 stir segala.... hehe..

cheers,
Reza

Reza Ravasia said...

Sama...;-) sy baca blog ini ttg keajaiban kunci Zaffy jd tercengang. Kalo ga sy ga akan pernah tau. Kalo gitu sy jg org termasuk yg beruntung mendapatkan kunci serepnya, Hiks3... kebetulan jg sy termasuk org yg paling males pake ngunci2 strir, Jd skrg merasa lebih aman ninggalin parkir mobil ngunci2 stir segala.... hehe..

cheers,
Reza

bgjun said...

cerita keajaiban kunci zafira emang ok bgt, hrg jg ok bgt. sy termasuk orang yg apes dlm nemu zafira, tp ya krn senang ma ni zafi apa blh buat muanya hrs ditanggung. sy beli zafi dlm keadaan tanpa maual book, tanpa kunci serap. dan utk antisipasi khlangan kunci sy tempah dupikatnya....eee ternyata ga da gunanya cuma bs buat buka pintu doang. nah kalo utk bs punya manual book sy gabung di facebook dan dibantu teman dgn FC nya aja..tp utk kunci kontak sy pikir hrs dibeli jg dgn hrg yg mahal. kebetulan lebaran kemarin sept 2010 sy plg k medan bw si zafi da tak bw ke chevrolet.dan tanya2 kuncinya aja sdh kena Rp 1.236.900,- blm ongkos ngeset lg yg kena Rp 160.000,- tp ya kebtulan sdh di tptnya ya udah sy beli aja. drpd ntar2 kalo udah hilang kuncinya kan repot, dr jambi hrs bongkar rumah2han kuncinya dan hrs kirim k medan ato jkt biar bisa di set ulang scr komputerisasi. nah singkat crt sy punya kunci serap skrg walo hrs dgn hrg yg cukup mahal. buat rekan2 yg ga punya kunci serap ayo buruan di beli sblm hrgnya dinaikin lg. kyknya sih chvrolet jg pake aji mumpung tuh. cb bayangin kalo dlm pjlnan keluar kota ma keluarga dan kunci kontak rusak ato ilang. ga kebayang deh...he he he bukan nakutin sih cm pengen spy rekan2 jg siap2 dr skrg mumpung msh di stockin ma chevrolet.

Unknown said...

Mohon bantuanya doong....mas bro..para penggemar chevro zafira.
Begini mas bro and mas2 yg guanteng
3bulan yg lalu Saya barusan beli chevrol zafira dlm keadaan mogok kata pemilik sembelum saya itu imo nya. Setelah itu saya bawah ke bengkel yg mana bwngkel tsb katanya ahli ecu dan imo mobil kelas eropa
Ternyata sampai saat ini bluum juga kelar alias tdk bisa sampai2 sama pwmilik bengkel tsb dibawahlah ke servis/bengkel resmi chevrolet yg ada di surabaya...
Dgn hati agak legah dan berharap pasti bisa sbab yg nangani ahli dari bengkwl resminya...eeeee ternyata gak bisa juga
Alasan nya imo nya yg baru dibeli g bisa di riset. Demikian critanya....
Barangkali dari para komunitas zafira ada yg bisa bantu atau punya temen mekanik sepisialis imo zfira yg deket di area jatim tlng dong...mohon dbantu...bisa hub : ke nomor ini 0822 3385 9899 atau di 0878 5537 2878. Saya NONO. sebelumnya saya ucapkan banyak trimakasi atas info nya dan bantuan nya