Monday, November 20, 2006

Kabel Stik Transmisi, longgar,.....

Sabtu 18 November 2006, jadi hanya sekitar 15 hari sejak saya membeli Zaffy.

Suddenly, tuas transmisi matic-nya loss,.... Bertahan di posisi 'P", dan kalau dipindahkan ke posisi lain terasa tidak masuk. Jelas saja saya bingung, dari kemarin dipakai tidak ada gejala apa-apa, koq. Sempat terlintas pembicaraan di milis bahwa kalau ada lampu yg putus, si matic bisa ngambek sebagai langkah pengaman. Tapi sejauh pemeriksaan tidak ada lampu putus. Gila untung terjadinya di rumah sendiri, bukan di rumah bini muda,.... ups,... di mall, kali?

Apa boleh buat, harus panggil tim storing, hubungi 0818883022 (Layanan Darurat Hangtuah 24 jam).

Setelah dicek, ternyata 'kabel' stik transmisinya sudah loss. Saya bisa lihat sendiri, posisinya ada di bawah Accu. Bentuknya seperti ujung kabel rem sepeda motor, yang tersambung pada semacam tuas. Bagian yang loss adalah bagian engsel yang menghubungkan setangkai besi dengan tuas. Memang kerjanya cukup mekanis, sehingga dalam masa pemakaian tertentu akan aus. Perbaikan yang perlu dilakukan adalah tinggal mengganti kabel tersebut. Tapi karena sekarang hari Sabtu, tim Storing tidak punya barang.

Karena barang tidak ada, terpaksa diakalin dulu dengan cara mengikat pakai kawat. Sekedar supaya bisa dipakai jalan ke bengkel hari Senin besok untuk ganti part yang dimaksud.

"Berapa duit kabelnya?" tanya saya siap-siap.
"Kalau dulu sekitar enam ratus ribuan" jawab mas Montir mengira-ngira.
Tentu saja harga 'sekarang' bisa berbeda, dan entah kenapa saya sudah tidak terlalu kaget mendengar jawaban tersebut. (mestinya sih kaget, lha wong kabel dengan fungsi serupa kabel rem motor dengan ketahanan tak lebih dua tahun, koq dihargain enam ratus rebu? Tapi somewhat gue udah kebal sama pricing policynya GM, hehehe).

Somewhat typical. Barang yang satu masa nanti akan aus (sehingga harus diganti), dijual dengan profit margin yang,..... yah saya ngga boleh lupa bahwa barang ini buatan Amerika. Dan kadang kala filosofi bisnis Amerika emang rada-rada begitu.

Tapi enam ratus ribu untuk sebuah kabel? Dan yang rusak sebenarnya 'cuma' di ujung-nya saja. Sempat terpikir gimana kalau gak usah diganti, biar aja dikawatin terus. Kalau lepas tinggal ganti kawat lagi ini,.. hehehe. Tapi setelah saya lihat, ternyata parah juga, bo. Itu bagian yang sangat vital, meliputi kegiatan menarik dan mendorong tuas transmisi di mesin. Ngga boleh main-main. Terbukti, setelah dikawatin dan dicoba saat itu juga, malah patah. Ini sempat saya foto:

Posisi: P

Posisi tuas transimisi 'masuk'

Kalau diperhatikan bagian berwarna hitam bulat (itulah rumah engsel dari plastik) sudah patah di ujung karena kalah saat mendorong tuas.

Saya bukan insinyur lulusan teknik mesin. Tapi dari sekedar melihat saja saya sudah merasa bahwa ada sebuah 'kealpaan' desain yang harusnya tidak terjadi.

Tuh barang yang tugasnya begitu berat, berada di ruang mesin yang nota bene bersuhu tinggi,.... unbelievebly terbuat dari,... plastik.

Yah, plastik yang jelas saja akan patah apabila sudah sampai pada ujung ketahanan hidupnya yang terbatas. Udah gitu dilihat dari patahnya, tampaknya tidak ada alat bantu penguat lain selain plastik itu.

Sekedar logika awam saya yang bodoh ini, rasanya bisa membayangkan mekanisme yang sama dilayani oleh perangkat yang terbuat dari logam. Dan bisa jadi akan menekan cost jauh lebih rendah sebab ketahanan logam tentu saja lebih lama.

Kenapa, oh kenapa Chevrolet? Bisikan dari insinyur mana yang telah membuatmu yakin bahwa plastik akan lebih kuat daripada logam untuk mekanisme engsel penarik/ pendorong transmisi otomatis mobil Zafira ini? Penasaran aku tanya sama rekanku yang cukup tau mesin, apakah memang tuas semacam itu 'layak' dibikin dari plastik? Ternyata jawabannya sudah bisa saya perkirakan, "Ah ya nggak lah. Mobil-mobil jepang umumnya pakai logam (untuk fungsi yang serupa)".

So GM, apa alasan mu?

Saya rasa memang nggak ada alasan apapun. Kita ngga bisa serta merta mengomentari sebuah produsen pembuat kendaraan raksasa dunia sebagai 'goblok' karena membuat kesalahan sepele dalam memilih komponen mobil. Alangkah sok tahunya kita sebagai pengguna. Apalagi posisi kita nggak setara,.. hehehe. Kita bergantung pada mereka, dan mereka pasti punya lebih banyak pertimbangan dalam menetapkan suatu pilihan desain.

Persoalannya, komponen ini menyangkut fungsi transmisi, Jek! Bagaimana bila kepatahan itu terjadi di saat mobil sedang melaju di jalan raya? Atau pas di tengah-tengah persimpangan KA? Artinya ada faktor safety yang dipertaruhkan di sini.

Buat saya pribadi, kita ngga bakalan bisa ngerubah GM, policy GM, desain GM, dan lain-lainnya. Yang bisa kita ubah akhirnya cuma diri kita sendiri. Kalau kita bener-bener suka dengan Zafira, dan mau hidup lebih lama dengan Zafira, kita , mesti bersama-sama menemukan cara-cara untuk melepas ketergantungan terhadap GM.

Caranya? Mungkin harus belajar dari penggemar mobil Eropa lainnya, dimana mereka bisa mendapatkan cara-cara alternatif untuk mengganti parts yang absurd dengan parts dari merk lain yang lebih make-sense. Saya berharap banget dari otak orang-orang Indonesia yang kreatif untuk segera menemukan alternatif-alternatif baru dalam merawat si Zaffy!


Salam,


Cheppy

2 comments:

FA Purawan said...

Kayaknya ada statemen saya yang bisa mengakibatkan salah persepsi: "Kalau kita benar-benar sayang sama Zafira dan mau hidup lebih lama dengan Zafira,...."

Dikaitkan dengan kritik saya mengenai safety di alinea atasnya, seolah-olah statemen ini jadi semacam ancaman terhadap hidup pengguna Zafira,.. hehehe,...

Sebelumnya mohon maap.

Maksud dari statemen tersebut adalah "apabila kita sayang sama Zafira dan tidak ingin cepat-cepat (terpaksa) menjual Zafira (akibat kesulitan maintenance atau tingginya biaya maintenance)".

Semoga dimaklumi,

Salam,

Cheppy

Unknown said...

kalau niat mungkin GM bisa dituntut mas karena sembrono dengan desainnya, logika mas plastik di ruang panas yah sangat benar, tinggal diperkuat pendapat para ahli juga. saya bener bener surprise dengan kesembronoan ini. Saya kebeneran sedang ngincer Chevy Zafira atau Estate dan sedang ngumpulin info sebanyak banyaknya