Friday, November 10, 2006

Hasil cek Hangtuah

Bengkel Hangtuah yang ada di Fatmawati punya service yang luarbiasa, yaitu pengecekan kendaraan secara gratis untuk membantu calon pembeli kendaraan Cevrolet/ Opel memvalue kendaraannya.

Sayang sewaktu mau beli, saya ngga bisa memanfaatkan service tersebut karena posisi dealer terlalu jauh.

Makanya setelah beli saya kirimkan ke hangtuah, dengan tujuan biar dapat kondisi terakhir sekaligus menetapkan jadwal perbaikan apabila (dan mungkin sekali) diperlukan.

Hasilnya:
1. Timing belt perlu ganti krn ga pernah diganti dari awal (Arrrrgh!)
2. Balljoint dan swing Arm perlu ganti
3. Sensor Camshaft sudah mulai retak (ternyata program recall sudah ditutup!)
4. Disc brake depan-belakang sudah tipis
5. Kondisi saringan udara, saringan bensin dan busi udah item
6. Shock breaker kanan depan sudah nggak main.
7. Engine mounting disarankan ganti
8. Password tape,... masih tunggu jawaban ATPM
9. Manual book,... sorry,..... sudah ngga ada stock (bah, bagaimana pulak?)

So far sebenernya ngga terlalu parah-parah amat seh. Cuma dikit komponen yg harus ganti, tapi harganya itu loh,... he he he. Serem.

Harus bikin prioritas.

Yang pertama saya pilih adalah Tune up, ganti saringan dll, dan ganti discbrake belakang aja.

Bulan depan giliran berikutnya.

Bingung nich, mana dulu:

1. Timing Belt (udah overdue 5 rb km, harusnya diganti di 45rb km)
2. Balljoint, soalnya waktu belok terutama kalau belokannya patah, suka bunyi-bunyi.


Pembaca ada comments? I wellcome U.

Terus iseng-iseng mo nanyain soal kunci serep ach,..!

8 comments:

Anonymous said...

Woooowww.....so wonderful.....

Surprise karena ada yang buat blog ini. Mudah-mudahan bisa melengkapi milisnya zafira.

Kalau saya, prioritas pertama akan pilih ganti Timing Belt dulu mengingat resikonya cukup tinggi kalau putus. Piston bisa nabrak Valve, kebayang deh biayanya....

have a nice driving with zaffy...

" blues " said...

This actually the blog that I look for and need it...

Appreciate for it.
Saya termasuk orang yang kepincut dengan penampilan Zafira. Di saat lagi driving baik itu di jalan-jalan arteri maupun di tol, begitu melihat zafira lewat atau mendahului, selalu saya coba kejar dan mendekat dan menikmati dari mobil saya. Saat ini saya berpikir untuk memiliki. Dan jauh hari saya sudah mencoba mengintip dan compile berbagai informasi termasuk dari miling list Zafira. Bahkan saya sudah 2 kali test drive dgn Zafira th 03 AT type CD.
Namun sampai saat in saya masih ragu-ragu untuk memilikinya walaupun hasrat masih menggebu.
Terutama masalah harga spare part yang mahal, maintenance yang tidak semua bengkel bisa krn tergolong smart car.
Saya berharap dgn adanya blog ini akan semakin banyak comment yg masuk sehingga bisa semakin memberikan wawasan yg pada akhirnya bisa meng "convince" saya utk segera memilikinya.

Hendro. N said...

Wah... comment dari saya kok anonymous ya...

Oom blues, cerita mengenai kepincut zaffy, saya juga udah lama kepincut tapi belinya baru tahun kemarin.

Ceritanya ketika ada pameran di JCC saya mampir ke stand Opel, salah satu yang dipamerkan adalah Zafira. Waktu itu belum ada/dipasarkan di Indonesia. Melihat bentuknya saya langsung kepincut, begitulah orang Indonesia kepincut mobil pasti dengan penampilannya.

Nah..ketika launching di Indonesia, saya lumayan surprised karena banderol harganya Rp.255 jt. Wah... ga mungkin kebeli ini mobil, jadi tinggal angan-angan saja.

Ketika tahun 2005 kemarin saya butuh MPV karena mobil kecil udah nggak muat, maka saya coba hunting zaffy, eeehhhh....ternyata harga secondnya meluncur tajam. Jadi deh saya ambil secondnya.

Oom blues, anda kelihatannya lebih bijak, karena nggak terlalu ngikutin hasrat yang menggebu. Jangan niru saya ya...langsung nyosor aja.....

Mengenai harga part, zaffy termasuk mahal, juga perawatan memang harus di bengkel resmi, terutama jika harus diagnosis dengan "Tech-2". Jika tidak, bengkel non ATPM juga bisa.

Oom Ceppy, item 1 sampai 7 berapa ya costnya ? sudah cek harga sewaktu ke Hang Tuah ?

" blues " said...

hi oom Hendro n.....

nice to meet you in this virtual..

Sebetulnya hanpir sama ceritanya, kenapa kepincut dan kenapa pingin memiliki. Tapi berhubung banyak bisikan-bisikan yang masuk, yang kalau di timbang-timbang banyak yang tidak mendukung utk beli nona Zaffy yg geulis ini. Tapi keinginan itu tetap besar, makanya sampai jadi member milis, biar tahu lebih banyak dgn harapan bahwa info negatif yg saya terima bisa di mentahkan.

Oom Hendro,
krn sudah pakai si Zaffy ini sekitar setahun, bisa ikut menceritakan kisah kasih Oom Hendro dengan Nona Zaffy ini ngga...sharing lah...spy saya bisa leboh pede.....pede utk beli atau pede ngga beli.

FA Purawan said...

Om Blues, om Hendro, senang sekali saya mendapatkan tanggapan positif untuk blog ini.

Silakan dilanjut, untuk diskusi mungkin bisa diteruskan ke milis, mengingat audience-nya di sana lebih besar.

Kita bikin milis zafira dan blog ini jadi lebih menyatu,lah. :)

Salam,

Cheppy

Fatherly Advocate said...

Ini harga yg saya tahu (perbaikan dilakukan dlm setahun ini jd hrg mungkin sdh berubah)

1. timing belt 252 ribu, tensioner, 275 ribu, roller (1) 455 ribu, roller (2) 315 ribu, jasa 200 ribu
2. ball joint 1,090 ribu sepasang & jasa 150 ribu, swing arm???
3. sensor camshaft???
4. hrg sepasang disc brake blkg 425 ribu, disc brake depan 1,000 ribu
5. tune up jasa 250 ribu blm tmsk sparepart
6. shock???
7. engine mounting 650 ribu/pc

hehehhe lumayan bikin jebol yaaa!!!!

hardy2y said...

mohon pencerahan bung armed2304, dimana service zaffy nya.
Saya baru pacarin zaffy 2001,warna silver.problemnya cuma roda depan kiri oblag,,alias gak bisa spooring

thanks banget deh sebelumnya

roni said...

saya baru punya zafira thn 2001 matic. ada banyak pertimbangan saya membeli mobil ini, pertama karena mobil ini mendapat banyak penghargaan yang tentunya mobil ini sudah melalui berbagai macam test, kedua karena harga bekasnya yang lumayan murah, dan terakhir mobil eropa punya tingkat keamanan yang cukup tinggi dibanding mobil jepang. dan menurut saya spare part nya kalo di hitung hitung sih masih masuk kategori cukup dikarenakan umurnya yang lebih panjang di banding mobil jepang dan tentunya tingkat kenyamanan nya. hanya ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan tentang mobil ini.
1. apakah yang menyebabkan mobil ini bergetar sewaktu di tekan gas pada RPM 3000
2. dimana bengkel yang dapat memodifikasi mesin, interior, dan eksterior di kota bandung
3. apakah ada club untuk mobil zafira ini di kota bandung