Monday, February 19, 2007

Masalah Kabel Accu

(tulisan ini saya kirim untuk Milis Zafira tgl 16 Februari yg lalu)

Minggu lalu tanpa penyebab yang pasti accu Zaffy saya anjlok bahkan sampai kering dua cell. Usia accu baru sekitar 6 bulan. Terpaksa ganti accu baru. Setelah itu muncul gejala-gejala aneh berupa:

Saat dipakai di malam hari (nyala lampu, AC dll), lampu terasa meredup, dan dalam hitungan sekian puluh detik tiba-tiba seluruh lampu indikator di dashboard menyala, jarum indikator bensin dan temperatur melonjak ke bawah, power steering tidak aktif. Hal itu berlangsung
selama 1-3 detik, setelah itu normal kembali. Demikian berlangsung berkali-kali.

Kuatir pengisian alternator melemah, secara instinktif saya tentu saja menekan pedal gas. Tapi setelah beberapa kali melakukan, saya lihat tidak terlalu beda antara nekan gas dengan tidak. Gejala itu terus muncul secara berulang.

Terus terang kalo sudah elektrikal saya paling ngeri, deh.

Saya call storingnya hangtuah, tapi saat itu tidak available, hanya saja dugaan awal adalah kipas elektrik (?) bermasalah. Alhamdulillah masih aman sampai ke rumah.

Besoknya team storing datang, dan setelah diperiksa pakai komputer semuanya dikatakan normal, hanya saja perlu ganti kabel accu, sebab kabel tersebut memang terasa panas sekali kalau dipegang.

Konon menurut montir, kabelnya sudah tua dan perlu diganti. Yang perlu penggantian adalah kabel negatif, tapi harus beli satu paket negatif & positif, perkiraan spareparts & penggantian sekitar 1 jt.

Pertanyaan saya, benarkah kasus ini terjadi karena 'kabel tua'? Zaffyku tahun 2004. Saya kurang paham bila kabel mobil berusia kurang dari 3 tahun mengalami ketuaan kabel. Padahal penggunaan terhitung normal, tidak ada aksesori elektrikal yang non pabrikan.

Terus terang saya kurang percaya kalau ketahanan kabel sedemikian rentannya. saya jadi curiga ada penyebab lain yg tidak kelihatan, sehingga kalau ganti kabel pun tidak menyelsaikan masalah. Mungkin rekan2 punnya pengalaman serupa?

Sekalian nanya dimana bisa beli parts kabel tersebut dengan harga lebih rasional. Paling tidak bisa beli bagian negatifnya aja, etc. Atau adakah produk brand lain yg bisa direkomendasikan buat Zafira.

4 comments:

FA Purawan said...

(kemudian ada jawaban dari Chevy Peduli sebgaia berikut ini:)


Kepada Yth,
Bapak Faridewo

Terimakasih sebelumnya telah menggunakan salah satu produk PT. General Motors Indonesia, yaitu Chevrolet Zafira.

Menanggapi email Bapak dibawah ini, dapat kami informasikan bahwa salah satu kemungkinan penyebabnya adalah dari sambungan kabel yang di altenator kendor atau penyebab lainnya adalah kurangnya kabel masa pada kabel negatif.
Namun untuk mengetahui lebih lanjut kami sarankan agar kendaraan di bawa kembali ke bengkel resmi Chevrolet untuk dipastikan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Hormat kami,

Salam,
CUSTOMER ASSISTANCE CENTER

FA Purawan said...

Emang bener, sich. Saya amati kabel negatif yang ke massa/ body tampak serabutnya sudah kurang rapih, beberapa terlihat ada yg putus.

Tapi pertanyaannya, instead ganti kabel satu set, bagaimana kalau mengganti kabel massa-nya aja? atau alternatif lain yg juga rasional, adalah menambahkan (paralel) kabel massa tambahan di samping kabel original, dengan demikian meringankan beban si kabel tua itu.

Bagaimana menurut pendapat para sesepuh Zafira?

Cheppy

FA Purawan said...

Rekans, Alhamdulillah masalah kabel accu saya saat ini sudah mulai teratasi (moga-moga seterusnya).

Saya bawa ke bengkel EuroMotor (Warung Buncit, dg Bp. Rasyim), dilakukan pengecekan sambungan kabel massa di mesin dan memang ditemukan kotor. Setelah dibersihkan, kabel massa biasa yg saya beli (40 rb) di paralelkan dengan kabel eksisting. Ongkos kerja di bawah 100 rb.

Selanjutnya sudah saya coba untuk perjalanan ke kantor pagi ini, dan kabel-kabel accu baik positif maupun negatif tidak lagi panas sebagaimana sebelumnya.

Sekarang yg masih tersisa adalah lampu indikator odometer agak meredup jika saya menyalakan sein atau lampu hazard. Apakah pengisian dari alternator masih tekor? Atau karena kondisi accu sudah melemah karena problem kemarin?

Kalau ganti accu dari 55A ke 60A, apakah perlu penyetelan ulang alternator? Sorry masih awam, nich.


Salam,


Cheppy

xopal said...

Salam Kenal Om Cheppy,
Saya Xopal, pengguna Zafira juga ...heh saya juga baru nambah kabel masa (saran dari mekanik zafira + inspirasi dari tulisan Om Cheppy ini)
Thx buat tulisannya yah.

Salam Zafira