Wednesday, November 23, 2011

Long time no See!

2007, 2008, 2009, 2010, 2011

Astaga, sudah lima tahun!

Tak terasa, demikian lama saya meninggalkan blog ini. Mungkin komunitas lama Zaffy sudah tak eksis lagi (saya tak tahu, sudah lama saya meninggalkan yahoogroups karena akun yahoo saya kena bajak orang), dan mungkin sudah banyak dari mereka yang ganti mobil.

Know what? Saya masih menggunakan Zafira yang sama! Haha!

Nomornya sudah ganti, however. Setelah balik nama di tahun 2009, nomornya berubah menjadi B 1489 XV. Tapi nomor di judul blog ini nggak saya rubah, ah, demi sepotong kenangan aja.

Apa yang sudah terjadi selama lima tahun ini? Banyak. Yang paling jelas, adalah saya ngga merasa sreg untuk ganti mobil apapun. Gawat. Zaffy sudah terlampau nyaman sekaligus rasio jual-dan-beli-baru-merek-lain menjadi pilihan yang kurang menarik.

Dengan kemampuan keuangan saya saat ini, saya hanya bisa mencicil mobil-mobil jepang/ korea baru dengan model dan kualitas yang di bawah Zaffy. Malas jadinya. Sementara, mitos biaya perawatan tinggi yang selalu disematkan ke Zaffy, pada akhirnya saya rasakan sebagai mitos tak terbukti.

Bagi saya setelah lima tahun ini, biaya perawatan Zaffy masih jauh lebih rendah ketimbang menyisihkan duit buat nyicil mobil baru tiap bulan.

Hmm... mari diingat-ingat, apa saja yang sudah terjadi dalam kurun waktu ini?

 1. Sekitar tahun 2009, pas dibawa ke cipularang, selang reservoir air lepas dan mesin kena overheat (gara-gara gak nyadar karena asik ngebut :(). Sempat overhaul di bandung, kena sekitar 3jt perak.

 2. Pernah ganti timing belt, 2 kali ganti V-belt

 3. Pernah mempercantik body, sedikit nyiram sama ngecat lis-lis jadi mulus lagi, ganti mika lampu belakang. 

 4. Pernah ganti plafond yang perekatnya udah mati, jadi ngegantung kayak kelambu. Kira-kira diganti tahun 2010 awal, eh ga taunya gantinya sekarang udah melorot lagi, hehehe. 

 5. Pernah ganti paking-paking transmisi matik. Wow, waktu box transmisi dibuka, itu gears-nya masih kincloong, resik dan presisi. 

 6. Pernah ganti long-arm, ganti bushing beberapa kali, kampas rem sekali.

 7. Ganti klakson 

 8. Ngebungkus setir dengan kulit sambil nutupin tombol klakson yang sudah koyak.

Thats it! Bener-bener mobil yang ongkos perawatannya bisa dibilang irit, lah :)  Soalnya komponennya relatif punya daya tahan dan build quality yang bagus.

Keluhan yang tersisa sekarang adalah di proses pendinginan, cepat panas dan kadang jadi mentok kalau kelamaan di dalam kemacetan. Tapi itu juga sebabnya udah jelas, karena radiatornya bocor halus. Sering-sering direplenish aja airnya. Kalau ada waktu saya mau ganti radiator.

Satu problem lainnya, adalah klakson yang sering tekor kalau kena jalanan macet. Tadinya kupikir kondisi Accu udah jelek, ternyata diganti accu baru pun sama. Sudah dikasih relay, keluhan tidak hilang hanya lebih lama muncul dan lebih cepat recover. Mungkin saya harus menservis alternator etc. 

Mika lampu belakang, somehow pecah, mungkin terhajar stang motor tanpa ku ketahui (damn, Jakarta streets!).

Begitulah kisah si Zaffy sekarang ini! Bagaimana kisah anda?

Salam Hangat,
Cheppy
Chevrolet Zafira 2004, B-1489 XV

4 comments:

Ricky Prasetyo said...

hi..salam kenal..surprise ternyata masih bertahan sama si zaffy..saya juga pakai zafira 2002..sukses ya..btw dah keluar tuh adiknya si orlando...hehehe

Unknown said...

salam kenal Om,, saya pake zaffy setahun habis 14juta untuk perawatannya,, itu pun karena pemakaiannya yang sedikit ngawur,,

AgOes said...

Salam kenal om... sapi saya 2002/CD/AT, saya masih tetap setia dengan Sapi Ijo, saya udah ganti2 mobil berapa kali, tapi untuk sapi oh...... betul2 mobil aman dan nyaman untuk dikendarai dan larinya wussssss...wusssss. biaya perawatannya nggak begitu2 mahal....., nggak seperti yang orang katakan selama ini. z060

FA Purawan said...

Salam semuanya, memang ini Zaffy rasanya sayang banget dilepas, nggak ada yang bisa menyamai.

Kemarin sempat lihat-lihat Ertiga, Freed,... Gimana yah? Masih jauuuh.

Yang sepantar mungkin VW Touran, tapi harganya gak nahanin :(